SILABUS MATA KULIAH



SILABUS MATA KULIAH


MATA KULIAH              : ASUHAN NEONATUS, BAYI DAN BALITA
KODE MATA KULIAH : BD. 306
BEBAN STUDI                : 4 SKS (T:2, P:2)
PENEMPATAN               : SEMESTER III
DOSEN PENGAMPU     : Hikmawati Rustam

A.    DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan asuhan pada neonatus (24 jam setelah lahir sampai dengan 28 hari) bayi dan balita yang didasari oleh konsep, sikap dan ketrampilan.
Topik-topik yang dibahas melalui : lingkup asuhan, penatalaksanaan, pemantauan tumbuh kembang, imunisasi, peran dan tanggung jawab orang tua, sistem rujukan serta pendokumentasian hasil asuhan.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Menjelaskan lingkup asuhan neonatus, bayi dan anak balita normal dan abnormal.
2.      Menjelaskan konsep asuhan bayi dan anak balita
3.      Mempraktikkan pemantauan tumbuh kembang bayi dan anak balita
4.      Mempraktikkan asuhan ada neonatus, bayi dan anak balita normal dan abnormal
5.      Mempraktikan imunisasi pada neonatus, bayi dan anak balita normal dan abnormal
6.      Mempraktikan imunisasi pada neonatus, bayi dan anak balita
7.      Mempraktikan penyuluhan pada orang tua tentang asuhan neovatus, bayi dan anak balita
8.      Melaksanakan sistem rujukan
9.      Mempraktikan pendokumentasian asuhan

C.    GARIS BESAR MATA KULIAH
1.      Lingkup asuhan neonatus, bayi dan anak balita normal dan abnormal
2.      Konsep asuhan bayi dan anak balita
3.      Pemantauan tumbuh kembang bayi dan anak balita
4.      Stimulasi tumbuh kembang bayi dan anak balita
5.      Asuhan pada neonatus, bayi dan anak balita
6.      Imunisasi pada neonatus, bayi dan anak balita
7.      Penyuluhan pada orang tua tentang asuhan neonatus, bayi dan anak balita
8.      Sistem rujukan
9.      Dokumentasi asuhan

D.    PROSES BELAJAR MENGAJAR
1.      Metode : ceramah, diskusi, seminar dan penugasan.
2.      Praktek dilaksanakan di kelas, labolatorium dengan metode simulasi, demonstrasi, role play dan bed side teaching.

E.     PENILAIAN
1.      Prosedur, proses, test, penugasan
2.      Macam penilaian         : UTS, UAS, Laborat, Klinik
3.      Bobot penilaian           : UTS               : 15 %
                                                                  : UAS              : 25%
                                                                  : Seminar         : 10%
                                                                  : Praktikum      : 50%

F.     DAFTAR PUSTAKA
Buku Utama :
1.       CCY’s SMT 3, Asuhan Bayi Baru Lahir, 2000
2.       Varney’s Midwifery, 1997
3.       Sub Dit Kes Bayi dan Anak, Dir, Kes. Ga, Program KHPPIA, 2000

Buku Anjuran :
1.        Depkes RI, Asuhan Kesehatan Anak dalam Kontek Keluarha, 1992
2.        FK UI. Ilmu Kesehatan Anak 1 dan 3
3.        Depkes RI, Program Imunisasi
4.        Penny Stanway, Pregnany and Baby Care, 1997
5.        Mirriamstoppard, Complete Baby and Child Care, 1995
6.        Depkes RI, MTBS, Modul, 2000
7.        Mayes, Midwifry, 1999







Bd. 306
RINCIAN KEGIATAN

NO.
Pertemuan
(Minggu)
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
POKOK / SUB POKOK BAHASAN
METODE dan ALAT
SUMBER
1.
1
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat :

1.  Menjelaskan lingkup asuhan Neonatus bayi dan balita normal dan abnormal

1.1. Lingkup asuhan
1.1.1.Bayi baru lahir normal
1.1.2. bayi baru lahir bermasalah
1.1.3. kelainan-kelainan pada bayi baru lahir
1.1.4. trauma ada bayi baru lahir
1.1.5. Neonatus beresiko tinggi
1.1.6. kegawatdaruratan
1.1.7. neonatus, bayi dan anak balita dengan penyakit yang lazim terjadi

CTJ
White board, spidol boardmarker, LCD, power point


2.
1,2
2.     Menjelaskan konsep asuhan neonatus, bayi dan anak balita
2.1. Konsep asuhan neonatus, bayi dan anak balita
2.1.1. adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus
2.1.2. pencegahan infeksi
2.1.3.rawat gabung

CTJ
White board, spidol boardmarker, LCD, power point


3.
2,3
3.     Menjelaskan tentang asuhan pada bayi 2-6 hari
3.1. Pengumpulan data
3.1.1. pengkajian fisik bayi baru lahir
3.1.2.penampilan dan perilaku bayi baru lahir
CTJ/Praktek
LCD, power point
BU 2 chap 32,33
4.
3,4
4.     Menjelaskan tentang asuhan pada bayi 2-6 hari
3.2. Membuat rencana asuhan bayi 2-6 hari
3.2.1. Rencana asuhan 2-6 hari
         minum
         BAB
         BAK
         tidur
         kebersihan kulit
         keamanan
         tanda-tanda bahaya
         penyuluhan sebelum bayi pulang
CTJ/Praktek
LCD, power point
BU 2 Chap 33
5.
4,5,6
5.     Menjelaskan Asuhan primer pada bayi 6 minggu pertama
4.1. Asuhan primer pada bayi 6 minggu pertama
4.1.1. peran bidan pada bayi sehat
4.1.2. bounding attachment
4.1.3. rencana asuhan

CTJ/Praktek
BU 6 chap 35
6.
6,7,8
6.      
-   Mempraktekkan pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita
-   Mempraktekan stimulasi sesuai dengan tahap tumbuh kembang bayi dan balita

5.1.Indikator pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita
5.1.1. pertumbuhan
         BB
         TB
5.1.2.Menggunakan Denver Development Stress Test ((DDST)

CTJ/Praktek
White board, spidol boardmarker, LCD, power point

BA 1, 2, 5
7.
8,9
7.     Menjelaskan asuhan pada Neonatus dan bayi dengan masalah serta penatalaksanaannya
6.1.Neonatus dan bayi dengan masalah serta penatalaksanaannya
6.1.1. Bercak Mongol
6.1.2. Hemangioma
CTJ/Praktek
LCD, power point
BU 1, 2, 3
BA 1, 2, 5, 6, 7



6.1.3.Ikterik
6.1.4.Muntah dan gumoh
6.1.5.Oral trush
6.1.6.Diaper rush
6.1.7.Seborrhea
6.1.8.Bisulan
6.1.9.Milliariasis
6.1.10.Diare
6.1.11.Obstipasi
6.1.12.Infeksi
6.1.13.bayi meninggal mendadak



8.
9,10,11
8.     Menjelaskan asuhan neonatus dengan jejas persalinan
6.2. Asuhan neonatus dengan jejas persalinan
6.2.1. Caput suksedaneum
6.2.2. Cephalhematoma
6.2.3. trauma pada flexus brachiaalis
6.2.4. Fraktur klavikula fraktur humerus

CTJ/Praktek
LCD, power point
BU 2 chap 35
9.
11,12
9.     Menjelaskan Neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya
6.3. Neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya
6.3.1. labiokizis dan labiopalatoskizis
6.3.2. Atresia esophagus
6.3.3.Atresia rektu dan anus
6.3.4. Hirschprung
6.3.5. Obstruksi billiaris
6.3.6. Omfakel
6.3.7. Hernia Diafraghmatika
6.3.8. Atresi duodeni, oesiphagus
6.3.9. Meningokel. ensefalokel
6.3.10. Hidrosefalus
6.3.11. Fimosis
6.3.12. Hipospadia
6.3.13. Kelainan metabolic dan endokrin
CTJ/Praktek
White board, spidol boardmarker, LCD, power point

BU 2
BA 2, 4, 5, 7

12,13,14
10.  
-     Menjelaskan Penatalaksanaan neonatus risiko tinggi

-     Mempraktekkan Penatalaksanaan neonatus risiko tinggi

6.4. Penatalaksanaan neonatus risiko tinggi
6.4.1. BBLR
6.4.2. Asfiksia Neonatorium
6.4.3. Sindrom. gangguan pernafasan
6.4.4. Ikterus
6.4.5. perdarahan tali pusat
6.4.6. kejang
6.4.7. Hypotermi
6.4.8. Hypertermi
6.4.9. Hypoglikemi
6.4.10. tetanus neonatorium
6.4.11. penyakit yang diderita ibu selama kehamilan

CTJ/Praktek
White board, spidol boardmarker, LCD, power point

BU 2
BA 1, 2, 4, 5, 7
10
14,15
11. Mempraktekkan Imunisasi pada bayi dan balita
7.1. Imunisasi dasar
7.2. imunisasi ulang
CTJ/Praktek
LCD, power point

BU 1
BA 2, 3

11.
15,16
12. Melaksanakan Sistem rujukan

8.1. Sistem rujukan
8.1.1. jenis rujukan
8.1.2. tingkat rujukan
8.1.3.mekanisme / alur rujukan
CTJ/Praktek
LCD, power point

BU 1
BA 1, 2
12.
16
13. Mempraktekkan pendokumentasian
9.1. Dokumentasi dengan metode SOAP
CTJ/Praktek
LCD, power point

BU 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAP askeb NEO Pijat bayi

REKONSTRUKSI MATA KULIAH