BISNIS PLANNING YUKI





                                                                                                        
 SELAMAT DATANG DI BLOK INI...........YUKI HIKMAWATI RUSTAM




 

KEWIRAUSAHAAN

Disusun Guna Memenuhi Tugas Individu
Mata Kuliah Kewirausahaan



 






DI SUSUN OLEH :
Hikmawati Rustam (1404095)



PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KARYA HUSADA
SEMARANG
2015
A.








    Pembagian tugas




Keterangan : 
1.      Hikmawati Rustam : pemimpin sekaligus sebagi penjual barang
          2    Yuki                          : sebagai bendahara dan juga sebagai penjual barang
          3.      Lia                            : sebagai karyawan dan penjual barang

A.  Rancanagan strategi penjualan
1.       Produk
a.       Produk yang di jual dapat meningkatkan indra pendengaran, penciuman, merilekskan tubuh, menghilangkan stres serta membersihakn penumpukan kotoran yang ada pada telinga  
b.      Diproduksi oleh pabrik – pabrik yang sudah terstandar dan telah di uji kualitas dan keamanannya
c.       Dari bahan alami sehingga tidak ada efek samping
d.      Produk yang di tawarkan lebih bervariatif, memiliki berbagai macam warna yang membuat si pembeli bisa memilih warna yang diingikan serta ear candle ini memiliki aroma yang wangi sehingga tidak akan membuat pembeli dan pemakai merasa risih ketika memakainya
2.      Harga
Untuk Pembelian 1 ear candel di haragi 15.000 bagi setiap orang
3.      Promosi
Dilakukan dengan  cara melalui via SMS, BBM, Facebook, telpon serta  menyebar leaflet dan promosi langsung pada anggota keluarga seperti paman dan tante, tetangga, serta sahabat yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.
4.      Tempat
Di sambiroto. Perumahan intan. jln nilam 1

B.   Jaringan pemasaran
Teman, tetangga, keluarga

C.  Jangkauan pemasaran produk
Area kelurahan Sambiroto

D.  Perkiraan penjualan
No
Nama Barang
Terget Penjualan
Jumlah Hari
Modal
Jumlah
Harga Satuan
Jumlah
1.       
Ear candle
2 minggu
14 hari
30.000
4
15.000
60.000







60.000
Perkiraan pendapat dalam dua minggu (40.000 – 30.000)
60.000

E.  Penentuan laba
No
Uraian Barang
Harga Beli
Harga Jual
Keterangan
1.
Earcandel
7.500
15.000


F.   Media promosi
Alat yang digunakan dalam memberikan informasi kepada konsumen tentang barang yang akan di jual. Contoh: via SMS, BBM, Facebook, Telpon, leaflet dan promosi.

G. Evaluasi penjualan
1.    Kelebihan
a.       Jangkauan pemasaran yang dekat
b.      Jaringan pemasaran yang mudah, dan terjangkau, tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk masuk salon hanya untuk memakai ear candle
2.    Kekurangan
Promosi yang kurang baik dan menarik di perbaiki untuk lebih menarik
3.    Aspek keuangan
Keb. Biaya Produksi
Jumlah Dalam Rupiah
Kebutuhan Biaya Operasional
Jumlah Dalam Rupiah
Perhitungan
Penjualan
Jumlah
Dalam
Rupiah
Total Laba
earcandel
7,500

7,500
earcandel
15.000
30%







Total
7,500
Total
7,500
Total
15.000

Keteranga:
Laba = total penjualan – biaya operasional – biaya produksi
Laba = 60.000 – 0 – 30.000
        = 30.000
LAPORAN BARANG
Hari  & tanggal : selasa
Bulan                  : April
No
Nama Barang
Harga
Saldo Lalu
Pembelian
Penjualan
Saldo Kini
Keterangan
1.       
earcandel
15.000
-
4
4
4


Penanggung Jawab

                                                                                     
                                                                                                                        (Hikmawati Rustam)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAP askeb NEO Pijat bayi

REKONSTRUKSI MATA KULIAH

SILABUS MATA KULIAH