Yuki hikmawati Rustam HAKEKAT METODE PEMBELAJARAN
TUGAS HAKEKAT METODE PEMBELAJARAN
Mata Kuliah : Kegawat Daruratan Maternal dan neonatal
Semester : V
SKS :
4 (T:2 , P:2)
Kode Mata Kuliah : BD.306
Program Studi :
DIII Kebidanan
Dosen : Hikmawati
Rustam, S.ST.Keb
Capaian Pembelajaran :
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini,
mahasiswa akan dapat:
1.
Mampu
menjelaskan pertolongan kegawat daruratan maternal dan neonatal
2.
Mampu
menjelaskan konsep kegawat daruratan maternal dan neonatal
3.
Mampu
menjelaskan prinsip penanganan kegawat daruratan maternal dan neonatal
4.
Mampu
menjelaskan kondisi maternal dan neonatal yang beresiko
5.
Mampu
menjelaskan asuhan kebidanan pada kasus kegawat daruratan maternal dan neonatal
sesuai prosedur dan kewenangan
Pertemuan Ke- : 4
Kemampuan Akhir :
Setelah menyelesaikan perkuliahan pada
pertemuan ini, mahasiswa akan dapat:
1.
Mampu
mendokumentasikan asuhan kebidanan pada kasu kegawat daruratan maternal dan
neonatal
Proses Pembelajaran:
Tahap
|
Langkah
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media & Alat
|
Waktu
(menit)
|
Pendahuluan
|
Deskripsi singkat
|
Penjelasan
singkat asuhan kebidanan pada kasus kegawat daruratan maternal dan neonatal
sesuai prosedur dan kewenangan
|
Ceramah
|
Presentation
slide
|
10 mnt
|
Relevansi
|
Penjelasan
konsep dan prinsip penganan pada kegawat daruratan maternal dan neonatal
|
Ceramah
|
Presentation
slide
|
20mnt
|
|
Kemampuan Akhir
|
Penjelasan tentang kemampuan yang akan diperoleh
mahasiswa pada pertemuan ini bahwa mahasiswa akan dapat melakukan
|
Ceramah
|
Presentation
slide
|
20mnt
|
|
Penyajian
|
Uraian
|
Penjelasan tentang bahan kajian tentang Gadar
meliputi:
1. Konsep dasar
Gadar maternal dan neonatal
2. Manajemen
kebidanan dalam Gadar maternal dan neonatal
3. Komunikasi
dalam Gadar maternal dan neonatal
4. Etika dan
kewenangan bidan dalam Gadar maternal dan neonatal
|
Ceramah
|
Presentation
slide
|
30mnt
|
Contoh
|
Demonstrasi
penanganan Kegawat daruaratan maternal dan neonatal
|
demonstrasi
|
Daftar tilik,
Phantom
|
45mnt
|
|
Latihan
|
Meminta
mahasiswa untuk mempraktikkan cara penaganan kegawat daruratan maternal dan
neonatal
|
Praktik
|
Daftar tilik,
Phantom
|
45mnt
|
|
Penutup
|
Tes formatif
|
Pemberian pertanyaan untuk mengukur kemajuan belajar
mahasiswa
tentang tatacara penanganan Gadar maternal dan neonatal
|
Tanya jawab
|
Bahan ajar
|
5
|
Umpan balik
|
Memberikan umpan balik terhadap simulasi yang
dilakukan mahasiswa
|
Tanya jawab
|
Bahan ajar
|
10
|
|
Tindak lanjut
|
Memberikan petunjuk kepada mahasiswa untuk
melakukannya kembali secara mandiri pada pertemuan berikutnya, supaya
mahasiswa lebih terampil dalam melakukan penanganan Gadar maternal
dan Neonatal
|
Diskusi
|
Bahan ajar
|
15
|
Komentar
Posting Komentar