RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Program Studi : DIII Kebidanan
Mata Kuliah :ASKEB I Kehamilan
Kode Mata Kuliah : 51-15-1-2-1-7-09
Semester : II (dua)
SKS : 2 (dua)
Dosen Pengampu :Hikmawati
Rustam S.ST.Keb
Deskripsi MK :
Mata kuliah ini memberikan
kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil
normal dengan bantuan, didasari konsep-konsep, sikap dan keterampilan serta hasil
evidence based dalam praktik antenatal care yang menggunakan pendekatan
manajemen kebidanan dengan pokok-pokok bahasan konsep terjadinya kehamilan,
adaptasi fisiologi dan psikologi ibu hamil, faktor yang mempengaruhi ibu hamil,
kebutuhan ibu hamil, asuhan ibu hamil pada kunjungan awal dan kunjuungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan
janin serta pendokumentasiannya.
Capaian Pembelajaran MK:
Sikap:
1.
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan
sikap religius
2.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral dan etika;
3.
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4.
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan
kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
5.
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian
terhadap masyarakat dan lingkungan;
6.
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
7.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang
keahliannya secara mandiri;
Keterampilan Umum:
1.
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan
menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai , baik yang belum maupun
yang sudah baku
2.
Mampu menunjukkan kinerja bermutu
dan terukur;
3.
Mampu memecahkan masalah pekerjaan
dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya,
didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya
secara mandiri;
4.
Mampu menyusun laporan hasil dan
proses kerja secara akurat dan
sahih, serta mengomunikasikannya secara
efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
5.
Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam
pekerjaannya
6.
Mampu bertanggungjawab atas
pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap
penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah
tanggungjawabnya;
7.
Mampu melakukan proses
evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah
tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
8.
Mampu mendokumentasikan, menyimpan,
mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah
plagiasi;
1.
Keterampilan
Khusus:
a. Mampu
menjelaskan: konsep dasar pada Asuhan Kebidanan
b. Mampu
membedakan proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan.
c. Mampu
mendiagnosa kehamilan
d. Identifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan
e. Mampu
menjelaskan kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya
f. Mampu
melakukan asuhan kehamilan
g. Mampu
mengidentifikasi deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin.
h. Mampu
melakukan pendokumentasian asuhan kehamilan
2.
Pengetahuan :
a. Menguasai konsep dasar asuhan
kebidanan
b. Mampu
membedakan proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan.
c. Mampu
mendiagnosa kehamilan
d. Identifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan
e. Menguasai kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap
perkembangannya
f. Menguasai asuhan kehamilan
g. Mampu
mengidentifikasi deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin.
h. Menguasai pendokumentasian asuhan
kehamilan
Pertemuan
|
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
|
Bahan Kajian
(Materi Ajar)
|
Bentuk Pembelajaran
|
Indikator Penilaian
|
Waktu
(menit
|
Bobot Nilai
|
1 – 2
|
Mahasiswa mampu menjelaskan: konsep
dasar asuhan kebidanan
|
Pendahuluan :
- Konsep dasar asuhan kehamilan
- Philosofi asuhan kehamilan
- Lingkup asuhan kehamilan
- Prinsip pokok asuhan kehamilan
- Sejarah asuhan kehamilan
- Tujuan asuhan kehamilan
- Refocusing asuhan kehamilan
- Standar asuha kehamilan
- Tipe pelayanan asuhan kehamilan
- Hak-hak wanita hamil
- Tenaga profesional (asuhan kehamilan)
- Peran dan tangung jawab bidan dalam asuhan kehamilan
- Issu terkini dalam asuhan kehamilan
- Evidence Based dalam praktik kehamilan
|
Ceramah, diskusi
|
Perhatian, minat, sikap,
keterampilan, dan penguasaan materi
|
120
|
5%
|
3 – 4
|
Mahasiswa mampu membedakan dan
mempresentasikan proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam masa
kehamilan.
|
Adaptasi Perubahan fisiologis
1.
Sistem reproduksi
2.
Payudara
3.
Sistem endokrin
4.
Sistem kekebalan
5.
Sistem perkemihan
6.
Sistem pencernaan
7.
Sistem Muskuloskeletal
8.
Sistem kardiovaskuler
9.
Sistem Integumen
10.
Metabolisme
11.
Berat badan dan Indkes Masa
Tubuh (IMT)
12.
Darah dan pembekuan darah
13.
Sistem pernafasan
14.
Sisterm Persyarafan
Perubahan dan adaptasi psikologis dalam masa kehamilan
1.
Pada kehamilan trimester I
2.
Pada kehamilan trimester II
3.
Pada kehamilan trimester III
|
Direct learning, diskusi, dan
resitasi
|
Perhatian, minat, sikap,
keterampilan, dan penguasaan materi
|
120
|
5%
|
5 – 6
|
Mahasiswa mampu mendiagnosa
kehamilan
|
Tanda-tanda kehamilan
1.
Pasti
2.
Tidak pasti
3.
Kemungkinan
Pemeriksaan diagnostik kehamilan
|
Ceramah
|
Perhatian, minat, sikap,
keterampilan, dan penguasaan materi
|
100
|
5%
|
8 – 7
|
Mahasiswa mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan
|
Faktor fisik
1.
Status kesehatan
2.
Status gizi
3.
Gaya hidup: subtance abuse,
perokok, hamil di luar nikah, kehamilan tidak diharapkan
Faktor psikologis
1.
Stressor internal dan
external
2.
Suport keluarga
3.
Subtance abuse
4.
Pertner abuse
5.
Faktor lingkungan, sosial,
budaya, ekonomi
6.
Kebiasaan adat istiadat
7.
Fasilitas kesehatan
8.
Ekonomi
|
Direct learning, PBL, diskusi,
resitasi, dan presentasi
|
Perhatian, minat, sikap,
keterampilan, dan penguasaan materi
|
120
|
10%
|
9 – 10
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya
|
Kebutuhan fisik ibu hamil trimester I, II, III
1.
Oksigen
2.
Nutrisi
3.
Personal hygiene
4.
Pakaian
5.
Eliminasi
6.
Seksual
7.
Mobilisasi, Body mekanik
8.
Exercise/senam hamil
9.
Istirahat/tidur
10. Immunisasi
11. Traveling
12. Persiapan laktasi
13. Persiapan persalinan dan kelahiran bayi
14. Memantau kesejahteraan janin
15. Ketidaknyamanan dan cara mengatasi
16. Kunjungan ulang
17. Pekerjaan
Tanda bahaya dalam kehamilan
Kebutuhan psikologi ibu hamil trimester I, II, III
1.
Support keluarga
2.
Support dari tenaga kesehatan
3.
Rasa aman dan nyaman selama
kehamilan
4.
Persipan menjadi orang tua
5.
Persiapan sibling
|
Direct learning, diskusi, resitasi,
dan presentasi
|
Perhatian, minat, sikap,
keterampilan, dan penguasaan materi
|
120
|
10%
|
11
|
Mahasiswa mampu melakukan asuhan
kehamilan
|
Asuhan kehamilan kunjungan
awal.
1.
Tujuan kunjungan
2.
Pengkajian data kesehatan ibu
hamil
3.
Pengkajian Fetal
4.
Menentukan diagnose
5.
Mengembangkan perencanaan
asuhan yang komprehensif.
6.
Asuhan kehamilan kunjungan
ulang
7.
Mengevaluasi penemuan masalah
yang terjadi, aspek-aspek yang menonjol pada wanita hamil.
8.
Mengevaluasi data dasar
9.
Mengevaluasi kefektifan
manajemen/asuhan
10. Pengkajian data fokus :
11. Mengembangkan rencana sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan
kehamilan
|
Direct learning, diskusi, resitasi,
dan presentasi
|
Perhatian, minat, sikap,
keterampilan, dan penguasaan materi
|
100
|
10%
|
12 - 13
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin.
|
Tanda – tanda dini
bahayakomplikasi ibu dan janin masa kehamilan muda.
1.
Perdarahan pervaginaan
2.
Hipertensi gravidarum
3.
Nyeri perut bagian bawah
4.
tanda-tanda dini bahaya
komplikasi ibu dan janin masa kehamilan lanjut.
5.
Perdarahan pervaginaan
6.
Sakit kepala yang hebat
7.
Penglihatan kabur
8.
Bengkak di wajah dan
jari-jari tangan
9.
Keluar cairan pervaginaan
10. Gerakan janin tidak terasa
11. Nyeri perut yang hebat
|
Direct learning, diskusi, dan
resitasi
|
Perhatian, minat, sikap,
keterampilan, dan penguasaan materi
|
160
|
10%
|
14
|
Mahasiswa mampu melakukan
pendokumentasian asuhan kehamilan
|
1.
Model-model dokumentasi
asuhan
2.
Prinsip dokumentasi
3.
Aspek legal dokumentasi
|
Ceramah dan diskusi
|
Perhatian, minat, sikap,
keterampilan, dan penguasaan materi
|
100
|
10%
|
|
Mahasiswa mampu menjawab soal UAS
|
UAS
|
|
|
100
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
100%
|
Komentar
Posting Komentar